Cara Membuat Artikel di Blog


✔ Cara Membuat Artikel di Blog

* About Blogspot *
S
ebelum Kita Menulis atau membuat Artikel di Blogspot kita masing-masing, alangkah baiknya kalau kita terlebih dulu mengetahui sedikit sejarah tentang BLOGSPOT.COM, yang kita yakini sebagai media dimana kita gunakan untuk menulis berbagai macam artikel, seperti puisi, pengetahuan, dll. Kalau menurut saya BLOGSPOT is The Best, karena lewat media ini sedikit banyak saya jadi tahu dan mengerti tentang dunia internet (maya) yang ternyata tak hanya selebar layar Laptop saya, Dunia Maya (internet) ini ternyata begitu luas dan tak terbatas walaupun jendela dunia maya itu hanya selebar layar Laptop ini namun didalam sungguh luar biasa luasnya.


Foto : Pyra Labs
B
log merupakan singkatan dari web log, adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya Pyra Labs diakusisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 (awal tahun 2003) yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

B
logger atau yang sekarang disebut Blogspot sudah tidak asing lagi di kalangan blogger. Penyedia layanan blog gratisan ini adalah perusahaan besar yang menyaingi Wordpress sehingga bisa dibilang merupakan penyedia blog gratisan nomor satu paling laris di dunia. Berikut Sejarah Blogger, Blogger sebenarnya adalah sebuah sistem publikasi blog (blog publishing system) yang pada awalnya dibuat oleh Pyra Labs pada tanggal 23 Agustus 1999 dan merupakan sebuah dedicated blog-publishing tool pertama kali yang diperuntukkan untuk membantu mempopulerkan format tersebut.

P
ada bulan Februari 2003 (akhir tahun 2002), dikarenakan kepopulerannya, akhirnya Pyra Labs diakuisisi oleh Google. Akuisisi ini menyebabkan fitur premium yang sebelumnya dikenakan biaya, kemudian berubah gratis. Pada tahun 2004, Google mengenalkan layanan barunya “Picasa”, yaitu sebuah aplikasi untuk mengorganisir dan mengedit foto digital. Layanan ini kemudian di intergrasikan dengan utility sharing foto Hello ke dalam layanan Blogger, sehingga memungkinkan seorang pengguna Blogger untuk memposting foto-foto mereka ke dalam blog yang dibuatnya.

P
ada tanggal 9 Mei 2004, “Blogger” mendesain ulang tampilan utamanya, berbagai perubahan dilakukan di dalam Blogger dengan menambahkan berbagai fitur seperti web standards-compliant template, halaman arsip individu untuk posting, komentar dan posting menggunankan email. Pada tanggal 14 Agustus2006, “Blogger” meluncurkan rilis terbaru dalam “versi beta” dengan kode “invader”, bersamaan dengan rilis versi Gold. Ini membuat berpindahnya pengguna Blogger ke server Google dan disertai dengan ditambahkannya beberapa “fitur baru” di dalamnya. Dalam bulan Desember 2006, akhirnya versi terbaru Blogger tersebut tidak lagi dalam “versi beta” dan dalam “bulan Mei 2007″, Blogger telah benar-benar berpindah ke server Google.

B
log mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
source : wikipedia
Ayo Menulis
M
enulis adalah kegiatan Blogger, mencari informasi, menguak misteri dan mengupasnya dalam bentuk artikel adalah sebuah kebanggaan dan juga sensasi tersendiri. Seorang Blogger pasti akan merasa sangat bangga sekali, apabila artikel yang ditulis dalam Blognya adalah dari hasil karyannya sendiri. Tapi bagi Blogger Newbie seperti saya ini, itu tidak mungkin (mustahil, mustajab dan impossible), karena artikel yang ada di Blog saya ini nggak 100% made by me.

Lalu bagaimana seorang Blogger menulis dengan baik ?
  1. Pastikan bahwa dalam keadaan sehat lahir dan batin (tidak stress/tidak gila/tidak mabuk), di sinyalir apabila penulis itu dalam keadaan tidak sehat rohaninya alias gila stres bin tidak waras bisa dipastikan artikel yang dibuatnya impossible (tidak rasional atau tidak masuk diakal).
  2. Cari inspirasi, entah itu pengalaman pribadi atau pengetahuan kita (ilmu kita), banyak cara dilakukan untuk mencari Inspirasi seperti surfing ke dunia maya (mengunjungi web-web yang bertebaran didunia Maya), atau juga bisa baca-baca majalah, buku dll.
  3. Utamakan originalitas (keaslian artikel) yaitu dengan menulis sendiri.
  4. Apabila Sumber Artikel yang akan kita tulis itu berasal dari web atau media lain, usahakanlah sampaikan artikel tersebut dengan imajinasi kamu (style/gaya kamu).
  5. Don't Copas 100% (mentah-mentah/edit dulu atau kembangkan dulu sebisa mungkin), karena itu sama saja artinya membunuh imajinasi dan kreatifitas diri sendiri. Kalaupun 100% Copas usahakannlah artikel tersebut sampaikan/tulis dengan gaya kita masing-masing dan jangan lupa sertakan nara-sumber artikel.
write by : Me 4 U all Blogger

" KEEP WRITE N JUST FUN WITH U POST "
* I Think U Are Smart *
PLAY PUISI
small rss seocips Tolong Jaga Dia
Widget by Dewi Stevany