Javascript History


✔ Javascript History

Open Book
Javanese Articles powered : by blogger
copy paste on : September 2013

Tentang Javascript

Kok JAVAscript ya namanya? eee... jangan-jangan penciptanya orang Java nih (jawa). Oops.. penemu Javascript adalah BRENDAN EICH (lahir 1961 America), Adalah seorang computer programmer dan pembuat JavaScript language. Menerima gelar sarjana matematika, ilmu komputer di Santa Clara University dan gelar master tahun 1986 dari University of Illinois at Urbana-Champaign.

Memulai karirnya di silicon graphics, kemudian bekerja di micrountiy systems engineering dan menulis microkernel and DSP code. BRENDAN EICH terkenal karena karyanya pada netscape dan mozilla, mulai bekerja di netscape communication corporation pada bulan april 1995.

JavaScript pertama kali diperkenalkan oleh Netscape pada tahun 1995. Pada awalnya bahasa yang sekarang disebut JavaScript ini dulunya dinamai 'LiveScript' yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2 yang sangat populer pada saat itu.

Kemudian sejalan dengan sedang giatnya kerjasama antara Netscape dan Sun (pengembang bahasa pemrograman 'Java') pada masa itu, maka Netscape memberikan nama “JavaScript” kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 desember 1995.
Pada saat yang bersamaan Microsoft sendiri mencoba untuk mengadaptasikan teknologi ini yang mereka sebut sebagai 'Jscript' di browser Internet Explorer 3.
lanjut

Pengertian JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman berbasis prototipe yang berjalan disisi klien. Jika kita berbicara dalam konteks web, sederhananya, kita dapat memahami JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang berjalan khusus untuk di browser atau halaman web agar halaman web menjadi lebih hidup.

Kalau dilihat dari suku katanya terdiri dari dua suku kata, yaitu Java dan Script. Java adalah Bahasa pemrograman berorientasi objek, sedangkan Script adalah serangkaian instruksi program.

source : http://en.wikipedia.org/javascript
tutup
PLAY PUISI
small rss seocips Tolong Jaga Dia
Widget by Dewi Stevany