Candi Kotes di Balik Indahnya Gunung Kelud


✔ Candi Kotes di balik Indahnya Gunung Kelud

C
andi Kotes adalah sebuah candi yang terletak di sebelah selatan lereng gunung Kelud, tepatnya di Desa Kotes, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Berdasarkan namanya pasti kita mengira kalau nama candi tersebut diambil dari nama desa Kotes tersebut.
Menurut ceritanya, konon pada jaman dahulu pada daerah sekitar candi tersebut terdapat sebuah kolam yang berisi banyak ikan gabus, anak ikan gabus tersebut biasa disebut Kotesan, oleh karena itu muncullah sebuah nama yaitu Kotes, dan menjadi nama Candi sekaligus desa Kotes.
C
andi Kotes ini berdiri sejak tahun 1302 Masehi, ini merupakan aset warisan budaya sejarah nennek moyang kita. Candi ini masih sejenis dengan candi Penataran yang terletak di kecamatan Nglegok, Blitar.
Walaupun candi Kotes ini tidak terkenal seperti Candi Penataran, namun ternyata lebih tua sekitar 8tahun dibanding Candi Penataran. Candi Kotes adalah sebuah peninggalan jaman Majapahit yang berada di Desa Sukosewu.
C
andi ini terdiri dari sebuah altar dan sebuah bangunan utama di belakangnya. Pada bangunan utama Candi Kotes terdapat beberapa umpak yang biasanya berfungsi untuk menopang atap candi. Kemungkinan atap candi ini terbuat dari bahan yang tidak tahan lama, mengingat komponen-komponen candi yang tidak terpasang hanya sedikit.
Batu-batu candi yang tidak terpasang ditata di belakang candi utama bersama potongan arca, umpak-umpak dan yoni. Keberadaan yoni inilah yang menandakan bahwa Candi Kotes bernafaskan agama Hindu.
Nah itulah salah satu wisata sejarah yang ada di kotaku Blitar tercinta

Dimanakah Blitar itu..??

Cari Tahu Tentang Kotaku Blitar tercinta
, Bila anda seorang pecinta sejarah dan kebetulan berlibur ke Blitar, jangan sampai lewatkan untuk mampir ke Candi Kotes.
Source : Rewrite From Google and Magazine.
PLAY PUISI...!!!
small rss seocips Tolong Jaga Dia
Widget by Dewi Stevany